Hal Penting Sebelum Membeli Rumah Bersubsidi

Mungkin anda semua sudah mendengar apa itu Rumah bersubsidi tanpa uang muka atau down payment atau lebih dikenal dengan rumah bersubsidi tanpa DP, dan mungkin beberapa dari anda sedikit tidak paham apa maksud dari pengertian diatas. Pada dasarnya pembangunan rumah subsidi tanpa DP ini bisa dibilang adalah startegi promosi dari pihak pengembang untuk menarik masyarakat membeli atau dengan Cara pembaran KPR ( kredit perumahan Rakyat ). Sebenarnya Rumah yang dijual sudah mencangkupi harga dari DP tersembut semisal harga rumah bersubsidi itu 75 juta rupiah per unit lalu pengembang mengambil marjin 25 juta rupiah dan ada subsidi sebesar 10 juta rupiah, sehingga harga Rumah yang dijual sebesar 110 juta rupiah. Sehingga pembeli hanya butuh membayarkan dengan uang tanda jadi bukan dengan nominal pembayaran DP yang biasanya 10 sampai 15% dari harga rumah.

Karena semakin mahal harga rumah tidak ada salahnya kita memilih membeli rumah dengan program Rumah bersubsidi tanpa DP seperti ini karena selain bisa mendapatkan rumah dengan uang tanda jadi yang tidak besar juga bisa menyicil atau KPR dengan harga yang tidak besar setiap bulannya. Dan juga bisa lebih tenang karena rumah bisa terbeli untuk masa depan. Tapi alangkah baiknya sebagai pembeli kita bisa lebih bijak memilih Pengembang rumah yang bisa dipercaya, dan berkualitas dengan memahami point-point penting ini kita bisa mendapatkan rumah yang berkualitas dan juga tidak memberatkan kita dengan pembayaran setiap bulannya.

Point pertama dalam memilih rumah bersubsidi tanpa DP adalah jangan tertipu dengan brosur yang diberikan oleh SPG atau SPB. Di brosur semua rumah ditampilkan dengan desain dan gambar yang cantik sehingga bisa menipu. Alangkah baiknya sebagai seorang pembeli langsung mendatangi lokasi Rumah tersebut. Anda harus bisa melihat bagaimana akses jalan yang tersedia, lalu kondisi rumah apakah bahan sudah cukup bagus dan sesuai dengan yang di promosikan. Anda juga perlu mengecek apakah keamanan yang tersedia cukup memadai, dan juga dari kekokohan bangunan yang relay dibuat, karena kebanyakan permasalahan yang muncul dari program ini ada pada tembok bangunan gampang retak, atau cat tembok yang gampang mengelupas. Anda tidak inginkan melakukan renovasi besar-besaran sebelum pembayaran lunas.

Point yang harus diperhatikan dalam membeli Rumah Bersubsidi tanpa DP adalah belilah rumah yang dekat dengan tempat kerja atau sekolah anak anda. Ini salah satu hal penting apabila anda ingin membeli rumah bersubsidi yang anda inginkan, karena kebanyakan pengembang membangun rumah  ini jauh dari perkotaan di karenakan menyesuaikan harga tanah dengan harga rumah yang dijual. Hal ini juga menjadi salah satu kendala ekonomis apabila terburu-buru membeli Rumah yang jauh selain pemborosan dari segi transportasi juga bisa membuang tenaga serta waktu karena terlalu lelah saat pulang dan berangkat terlalu pagi supaya tidak terlambat. Ini lah alasan mengapa anda harus memperhatikan jarak saat membeli rumah yang anda inginkan.

Point ketiga dalam memilih Rumah Bersubsidi tanpa DP ialah pengelolaan air dan listrik. Point ini jangan sampai anda lewatkan dalam memilih ruma, anda harus bertanya lebih detail kepada pengembang tentang hal pokok kebutuhan rumah tersebut. Mengecek aliran air bersih dan lancar tanpa kendala apapun menjadi hal premier dalam melakukan pembelian rumah ini. Dan anda wajib untuk mengecek keamanan instalasi listrik, pemasangangan instalasi listrik akan berakibat fatal jika ada kesalahan. Jadi, sebelum hal yang tidak diinginkan lebih baik dilihat semua kondisi yang ada dalam components rumah yang ingin anda beli ini.

Point keempat, saluran pembuangan juga sangat penting dalam pengecekan sebelum membeli Rumah Bersubsidi tanpa DP. Anda harus melihat apakah keadaan septitank aman dan tidak bocor serta WC dalam keadaan baik karena akan sangat tidak menyenangkan kalau keadaan saluran pembuangan tidak sesuai standar yang ada. Bau menyengat akan memenuhi rumah anda apabila terjadi kerusakan dalam hal saluran pembuangan ini. Anda juga harus mengecek apakah semua saluran pembuangan mengarah ke jalur yang tepat dan tidak mampet supaya semua bisa terkendali dengan baik. Cek juga bagian bak mandi, apakah sudah aman dan tidak bocor sangat tidak menyenangkan kalau bak di kamar mandi bocor karena bisa menjadi pengeluaran tidak terduga dalam hal pembayaran tagihan air dan juga memperbaiki kerusakan yang bukan disebabkan oleh kita sebagai pembeli rumah ini.

Point yang terakhir sebelum membeli Rumah Subsidi tanpa DP adalah masalah pembuangan sampah. Anda harus tahu apakah pengelola mempunyai fasilitas yang baik dalam membersihkan sampah rumah tangga yang pastinya setiap hari dibutuhkan. Pastinya anda tidak ingin tinggal dilingkungan yang tidak menyediakan fasilitas untuk membuang sampah yang akan anda buang setiap hari, hal ini kalau diabaikan akan menyebabkan berbagai penyakit dan juga menyebabkan bau yang tidak sedap pada lingkungan rumah anda. Jadi jangan ragu dalam bertanya tentang hal ini kepada pihak pengembang atau pengelola tempat anda membeli rumah. Itu lah poin-poin yang harus anda perhatikan apa bila anda ingin membeli Rumah dengan program yang saat ini sedang diburu oleh masyarakat semoga bisa menjadi pertimbangan dan juga refrensi untuk anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *