Cara Mengusir Semut Dengan Cepat

Pada kesempatan kali ini kita kembali lagi membagikan tips yang masih berhubungan dengan serangga, yaitu cara mengusir semut. Semut merupakan serangga kecil yang suka sekali dengan makanan-makanan manis. Walapun ukuranya kecil, semut termasuk serangga yang terkuat, bagaimana tidak, serangga ini mampu mengangkat benda yang berat dan tingginya 10x lipat dari tubuhnya. Selain itu, salah satu kekuatan yang terdapat pada hewan ini adalah kekuatan berkelompoknya. Ketika bekerja semut ini selalu bergotong royong saling membantu satu dengan yang lain. Semut juga memiliki populasi yang sangat banyak, hampir disetiap sudut bumi terdapat serangga dengan 12.000 spesies ini. Meskipun tidak mengakibatkan penyakit, kehadiran semut dianggap mengganggu apalagi jika dalam jumlah yang banyak. Jika sudah berkoloni, satu piring roti pun akan habis dimakan olehnya. Ada banyak sekali jenis semut, akan tetapi yang paling banyak dijumpai di dalam rumah adalah semut hitam yang suka sekali dengan gula dan manisan lainnya. Jadi bagaimana cara mengusir semut ini? Mungkin terbesit dalam benak kamu untuk menggunakan pestisida. Eiits tapi itu berbahaya buat manusia. Ada banyak cara untuk mengusir semut tanpa menggunaka bahan-bahan kimia. Ambillah sabun cuci piring dan air, lalau masukan ke dalam botol dan kocok hingga berbusa. Saat ada gerombolan semut, semprotkan cairan tersebut. Maka semut akan berhenti dan berhenti bernafas. Bersihkan semut dengan sapu atau lapa basah dan simpan cairan tadi untuk digunakan lain waktu.

Anda bisa campurkan cuka putih dengan air secukupnya dan masukan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan pada koloni semut lalu bersihkan dengan tisu basah atau kain basah. Selain digunakan cara mengusir semut, cairan ini juga bisa sebagai penangkal. Tentu alasannya karena semut tidak suka cuka. Semprotkan cairan cuka tadi pada sela-sela pintu atau jendela yang sering dilewati semut. Selanjutnya, Menggunakan Larutan Air Buah Lemon. Jika cara nomor dua tidak disuka karena bau cukanya, maka bisa menggunakan cairan lemon untuk membunuh semut. Cairan asam sitrat yang terkandung pada larutan didalam lemon akan mengusir semut, karena semut tidak suka dengan cairan ini. Larutan lemon juga bisa digunakan sebagai penangkal semut. Caranya juga sama yakni dengan menyemprotkan ke bagian-bagian yang dianggap banyak dilalui semut. Diatom adalah suatu kelompok besar dari alga palnkton yang termasuk paling sering ditemui. Kata Diatom sendiri dalam bahasa Yunani yaitu “dia” yang berarti ‘through’ dan “tomos” yang artinya ‘cutting’. Sedangkan tanah diatom merupakan suatu batuan sedimen silika yang secara geologi terbentuk dari kumpulan dan endapan kulit atau kerangka diatomea.

Lalu apa hubungannya dengan cara mengusir semut?. Bentuk tanah diatom yang digiling halus hingga membentuk bubuk jika dilalui serangga maka akan melukai kulit bagian luar serangga, termasuk semut. Maka tanah ini sangat ampuh untuk mengusir semut. Menaburkan tanah diatom di jendela, pintu dan sela-sela ruangan sangat efektif untuk mencegah datangnya semut dan serangga lain. Saat anda menaburkan, sangat disarankan untuk memakai masker atau paling tidak menutup wajah anda dengan kain atau tangan kiri. Selanjutnya adalah menggunakan asam borat. Asam tersebut akan sangat efektif mengusir dan membunuh semut karena akibat yang ditimbulkan jika serangga (tidak semua serangga) menyentuh atau menghirup asam borat begitu hebat. Pada saat semut dan serangga lain yang tidak beramnfaat menghirup dan mencerna asam borat, ia akan mengalami keracunan dan selanjutnya akan mati. Selain itu, asam tersebut juga menyebabkan kulit luar serangga melepuh. Zat Asam borat sepenuhnya aman untuk manusia, karena tidak mengandung racun dan yang pasti alami. Akan tetapi untuk berjaga-jaga, hindari penggunaannya pada area-area yang mudah dijangkau anak-anak. Cara mengusir semut dengan perangkap adalah dengan menggunakan asam borat dan juga gula.

Cara mengusir semut ini terbilang efektif, selain murah dan murah. Alat yang perlu siapkan hanya beberapa potong karton , satu botol sirup atau bahan manis lainnya, dan asam borat. Lalu ikuti langkah berikut untuk membentuknya. Anda bisa campur 2 sendok makan sirup dan 2 sendok makan asam borat ke dalam wadah (mangkuk, piring,gelas dll). Aduk sampai membentuk seperti pasta dan lengket serta tidak encer. Jika kurang kental, taburkan beberapa sendok lagi asam borat. Lalu gunakan sendok atau alat lain untuk mengoleskan adoanan tadi pada kertas karton yang telah dipotong tadi. Nah, setelah perangkap berhasil kamu buat, saatnya memasang pernagkap tersebut. Letakan pada tempat yang sering dilalui semut. Seperti misalnya pada rak dirumah anda, lemari dan di depan teras. Perlu diingat sekali lagi, meskipun tidak berbahaya, sebisa mungkin jangan menletakan perangkap ini pada lemari yang banyak makanannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *